Sabtu, 25 Februari 2012

Kecamatan Baros Menjadi Daerah Pengembangan Tambang

Jenis bahan pertambangan yang potensial diusahakan di Kabupaten Serang adalah bahan galian golongan C, yaitu: batu andesit (sebagai bahan bangunan langsung ataupun dapat diproses menjadi komoditi seperti split, serta batuan basal yang masif), tanah liat yang berasal dari lapukan tufa Banten dan pasir.
  • Batuan Andesit dan Batuan Basal
Batu andesit dari lelehan lava, secara fisik cukup keras, memperlihatkan struktur versikuler di bagian permukaan dan hampa air seluruhnya retak-retak (terkekarkan) dengan pola tertentu.
Batu andesit sebagai komponen breksi, merupakan bongkahan-bongkahan besar yang padu, sebagai suatu kesatuan yang kompak, tertanam dalam suatu masa dasar berupa pasir dan kerikil.
Batuan beku, yang berasal dari lelehan lava dan sebagai komponen breksi dan intrusi batuan basal.
Batuan beku basal, merupakan tubuh intrusi dari jenis yang homogen pada suatu tempat, kompak, padat dan padu dan biasanya mudah dibedakan dengan jenis batuan lainnya.
  • Tanah liat

Tanah liat terbentuk dari hasil pelapukan lanjut suatu batuan dasar. Tanah pelapukan yang masih berada di lokasi batuan induknya biasanya memiliki komposisi ukuran butir yang beraneka ragam, dari halus hingga kasar, lazimnya disebut tanah laterit. Sedangkan tanah pelapukan yang telah mengalami proses pengikisan, pelarutan dan pengangkutan oleh aliran air hingga diendapkan kembali pada lokasi lain yang lebih rendah akan mengalami pemilahan dan ukuran butirnya pun menjadi relatif seragam yakni halus, lazimnya disebut tanah liat. Tanah liat yang dianggap cukup baik sebagai bahan baku perkakas rumah tangga atau sebagai bahan baku genteng, bata dan lainnya, biasanya yang berasal dari pelapukan batuan yang mengandung mineral silika. Tanah liat yang berada di Kabupaten Serang diduga merupakan hasil pelapukan batu pasir tufaan atau tufa berbatu apung.
Wilayah penambangan tanah liat diantarnya di dataran rendah Bojonegara.
  • Pasir
Selain dua komoditi di atas, komoditi galian C lainnya yang cukup potensial adalah penambangan pasir, yang penambangannya diarahkan di wilayah Baros dan Pamarayan.
(Source : Website Kab. Serang)

Ditulis Oleh : WeniLiverpudlian

Artikel Kecamatan Baros Menjadi Daerah Pengembangan Tambang ini ditulis oleh WeniLiverpudlian pada hari Sabtu, 25 Februari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Kecamatan Baros Menjadi Daerah Pengembangan Tambang dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar: